Daftar Top 10 Asuransi terbaik 2011 Versi majalah Investor

Top ten (sepuluh) perusahaan asuransi terbaik 2011. PT Prudential Life Assurance (Asuransi Jiwa) dan PT Asuransi Jaya Proteksi (Asuransi Umum) menerima penghargaan khusus Star Award versi Majalah Investor karena berhasil mempertahankan posisi terbaik lebih dari lima tahun secara berturut-turut. Selain Star Award, 10 perusahaan asuransi nasional meraih predikat Asuransi Terbaik 2011, masing-masing 5 asuransi jiwa, 4 asuransi umum dan 1 reasuransi.

Pada kelompok asuransi jiwa, PT Prudential Life Assurance kembali berhasil meraih posisi terbaik untuk kategori aset di atas Rp  10 triliun. Pada kategori aset antara Rp 5-10 triliun, penghargaan diberikan kepada dua perusahaan asuransi, yakni PT AXA Mandiri Financial Services dan PT Indolife Pensiontama.

”Dewan Juri menetapkan juara kembar pada kategori ini karena total nilai kedua perusahaan sama,” ujar Ketua Dewan Juri Herris Simandjuntak dalam acara penganugerahan penghargaan Asuransi Terbaik 2011 versi Majalah Investor di Four Season Hotel, Jakarta, Rabu (6/7).

Sementara itu, PT Commonwealth Life berhasil mempertahankan posisi tahun lalu dengan meraih posisi terbaik pada kategori aset Rp 2,5-5 triliun, disusul PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha di kategori aset di atas Rp 1-2,5 triliun.

Tidak seperti tahun lalu, tahun ini Dewan Juri memutuskan tidak memberikan penghargaan untuk kategori aset Rp 100 miliar sampai Rp 1 triliun dengan pertimbangan mayoritas perusahaan pada kelompok ini mengalami penurunan kinerja.

Pada kelompok asuransi umum, 4 perusahaan yang meraih penghargaan tahun ini berhasil mempertahankan prestasi yang dicapai tahun lalu.  PT Asuransi Adira Dinamika kembali meraih penghargaan  untuk kategori aset di atas Rp 1 triliun, PT Asuransi Jaya Proteksi menang di kategori aset antara Rp 500 miliar-1 triliun, PT Asuransi Indrapura di Rp 250-500 miliar, dan PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk di Rp 100-250 miliar.

Sedangkan pada kategori reasuransi,  PT Maskapai Reasuransi  Indonesia Tbk kembali mempertahankan prestasi tahun lalu sebagai Reasuransi Terbaik.

Ketua Dewan Juri Herris Simandjuntak mengatakan, pemeringkatan tahun ini  mengacu pada laporan keuangan publikasi tahun 2007–2010.  Pemeringkatan kali ini menggunakan 14 kriteria baik untuk asuransi umum, asuransi jiwa, maupun reasuransi. Antara lain, pertumbuhan asset, jumlah investasi, ekuitas, premi penutupan langsung, premi netto, hasil underwriting, hasil investasi, laba bersih, pasar premi. Sementara, juga memperhitungkan rasio underwriting terhadap premi neto 2010, total aset turn over, return on assets, return on equity, dan risk based capital.

Sementara itu, 14  kriteria untuk asuransi umum, mayoritas sama dengan asuransi jiwa, kecuali kriteria pertumbuhan premi penutupan langsung 3 tahun yang khusus berlaku untuk asuransi umum. Lalu pertumbuhan hasil underwriting 3 tahun, dan rasio underwriting terhadap premi neto yang berlaku untuk asuransi umum dan reasuransi.  Sedangkan kriteria pertumbuhan premi bruto 3 tahun khusus berlaku untuk reasuransi.

Berdasarkan seleksi awal itu, ada 20 perusahaan asuransi jiwa dan 37  asuransi umum yang tidak lolos seleksi awal. Selain itu, ada 3 perusahaan asuransi jiwa syariah tidak ikut diperingkat dengan pertimbangan tidak selaras diperingkat bersama asuransi non-syariah.

Dengan demikian, yang bisa diperingkat sebanyak 74 perusahaan, masing-masing 4 perusahaan reasuransi, 48 dari 87 asuransi umum dan 22 dari 45 asuransi jiwa.

sumber : www.suara pembaruan.com

About these ads
This entry was posted in Posting Asuransi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s